CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Friday 9 October 2009

Bab 1 - Tipe Kalimat " Ini buku "

Bab 1
Tipe Kalimat "Ini buku"
Contoh
Kore-wa hon-de su
ini buku adalah
Ini sebuah/beberapa buku
Bahasa Jepang tidak memiliki kata sandang tertentu. Begitu juga nomor, jenis kelamin (bahasa gaulnya, sih, J-kel), dan persona (kalo ga' ngerti, sama aja dengan orang), sebagian besar, tidak diacuhkan. Hon bisa saja berarti sebuah atau beberapa buku. -Su berguna sebagai kata adalah.
Kapan saja terdapat -wa, lebih tepat diasumsikan bahwa kata atau ungkapan sebelumnya adalah subjek kalimat. Sama pula dengan -de yang biasanya menandakan sebuah pelengkap predikat.
Bentuk penuh kata -su, adalah ari-masu, tapi dalam penggunaan sehari-hari biasanya dipendekkan, sehingga cuma silaba (suku kata) terakhir yang tersisa, -su. Dalam pembicaraan yang sangat formal, bentuk penuh itu bisa saja digunakan. Tapi itu diluar lingkup kita saat ini.
Urutan kata dalam sebuah kalimat biasanya seperti ini; subjek di awal, verba di akhir, dan pelengkap predikat terletak di antaranya.
Kata Kunci :
-wa akhir-kata subjek
-de akhir-kata pelengkap predikat
su (arimasu) adalah
Kata kunci merupakan bagian yang penting yang selalu digunakan dalam penyusunan kalimat dalam tipe yang sama.
Misalnya, mensubtitusikan sore di tempat kore, jadinya seperti di bawah ini;
Sore-wa hon-de su
ini buku adalah
Itu sebuah/beberapa buku
Karena bentuk persona tidak diacuhkan dalam bahasa Jepang, "Saya (adalah) seorang wanita" bisa dibentuk dalam tipe kalimat yang sama
Watakushi-wa onna de-su
Saya wanita adalah
Saya seorang wanita
Jadi sejumlah kalimat dapat dibentuk dari Kata Kunci.
Selanjutnya, lihatlah bagaimana dalam latihan nanti Anda bisa mengerjakan soal-soal hanya dengan menggunakan lima buah kata dalam Pembendaharaan Kata.
Pembendaharaan Kata
Kore Ini
Sore Itu
Hon Buku
Watakushi Saya
Onna Wanita

0 comments: